Pentingnya Mengikuti Business Intelligence Bootcamp Bagi Perusahaan

Pentingnya Mengikuti Business Intelligence Bootcamp Bagi Perusahaan

Business intelligence bootcamp merupakan hal penting bagi suatu perusahaan untuk memonitor perkembangan usahanya. Business intelligence merupakan salah satu alternatif terbaik yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk mengukur performanya. Simak ulasan berikut ini mengenai business intelligence secara lengkap yang berperan penting bagi perusahaan. 

Pengertian Business Intelligence

Business intelligence merupakan merupakan sebuah profesi yang memiliki peran dalam membuat metode analisis. Fungsi dari metode tersebut untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk keberlangsungan bisnis perusahaan. Seseorang yang memegang jabatan sebagai business intelligence sangat erat kaitannya data yang digunakan sebagai sumber analisis.

Karyawan yang memegang jabatan sebagai business intelligence menganalisis data yang akan dijadikan sebagai peluang baru untuk mengembangkan bisnisnya. Seorang business intelligence tidak hanya berguna untuk menganalisis data saja, melainkan juga memaparkan hasilnya. Tugas bidang ini lebih kompleks jika dibandingkan dengan business analyst yang hanya bertugas untuk menganalisa data saja.

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Business Intelligence

Seorang business intelligence harus memiliki keterampilan tertentu yang berguna untuk menunjang pekerjaannya. Bagi Anda yang mengincar jabatan ini bisa mengikuti kelas business intelligence untuk mendalami beberapa materi tersebut. Simak penjelasan berikut ini mengenai apa saja keterampilan yang harus dimiliki oleh business intelligence.

SQL

Kemampuan pertama yang harus dimiliki adalah SQL karena memiliki kaitan erat dengan pengolahan data. Seorang business intelligence memerlukan SQL untuk melakukan pengolahan data secara lebih lanjut agar hasilnya akurat. Structured Query Language merupakan platform yang dibutuhkan untuk pengolahan data secara lebih lanjut.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan melalui SQL, antara lain membaca, menghapus, mengedit, menambah, hingga memanipulasi data. Selanjutnya data yang sudah melewati proses manipulasi tersebut biasa dikenal dengan istilah CRUD. Pengelolaan data melalui SQL ini memiliki peranan penting untuk mendapatkan hasil analisis yang lebih detail.

Microsoft Excel

Materi berikutnya yang bisa didapatkan dari business intelligence bootcamp, yaitu seputar pendalaman Microsoft Excel. Skill mengenai Microsoft Excel memiliki peranan penting karena software tersebut merupakan kebutuhan mendasar dalam pengilahan data. Microsoft Excel juga menyediakan pilihan untuk menyajikan data secara lebih rapi.

Seorang business intelligence harus menguasai Microsoft Excel termasuk berbagai formula dan tools penting di dalamnya. Aplikasi ini akan membantu untuk mengolah data yang jumlahnya banyak sekalipun. Hasil analisis data melalui Excel juga lebih mudah dipahami oleh orang lain.

Analisis

Skill wajib selanjutnya yang harus dimiliki seorang business intelligence, yaitu analysis. Kemampuan analisis ini merupakan hal mendasar karena seorang business intelligence harus mampu berpikir kritis. Apabila Anda memiliki kemampuan analisis yang baik, maka bisa memenuhi tanggung jawab dan menyelesaikan pekerjaan dengan efisien.

Manfaat Business Intelligence Bagi Perusahaan

Business intelligence memiliki banyak peranan penting bagi perusahaan, yaitu untuk mengetahui bagaimana performa usahanya. Business intelligence berguna untuk membantu perusahaan dalam mengetahui pencapaiannya dalam beberapa waktu tertentu. Selain itu, business intelligence akan membantu perusahaan lebih fokus lagi pada tujuan bisnisnya.

Adanya business intelligence dalam suatu perusahaan juga akan membantu untuk mengetahui masalah sejak dini. Hal ini berperan penting agar masalah tersebut tidak semakin melebar. Manfaatnya tentu saja agar perusahaan bisa segera menemukan solusi atas permasalahan tersebut.

Business intelligence merupakan salah satu profesi yang memegang peranan penting di perusahaan. Orang yang memegang jabatan ini harus memiliki keahlian khusus sesuai dengan tugas utamanya. Anda bisa mengikuti pelatihan di Binar Academy terlebih dahulu untuk mengembangkan kemampuan sebagai business intelligence.

Leave a Reply

Your email address will not be published.