Memahami 7 Jenis Kain Katun yang Wajib Kamu Ketahui

Memahami 7 Jenis Kain Katun yang Wajib Kamu Ketahui

Kain katun telah lama dikenal sebagai jenis bahan yang memiliki kualitas terbaik dengan ciri kain yang tebal, mudah menyerap keringat, tidak panas atau gerah, dan memiliki ketahanan yang lama. Tidak heran kalau banyak orang lebih suka memakai pakaian dari bahan katun mulai kaos, kemeja, blus, gamis, dan lain-lain. Kamu yang ingin membuat seragam kaos bersama teman sekelas atau ingin tampil keren dengan outfit couple bareng doi, tidak ada salahnya memilih jasa print kain katun yang profesional.

Jenis Kain Katun dan Kelebihannya

Sebelum kamu menghubungi jasa printing kain digital, ketahui dulu jenis kain katun dan kelebihan yang ditawarkan. Jangan sampai kamu sudah beli bahan kaos yang sesuai keinginan, tetapi hasil printing tidak sesuai ekspektasi. Sayang banget, ‘kan? Untuk menekan risiko kamu menyesal kemudian hari, ketahui beberapa jenis kain katun di pasaran berikut :

1.     Katun toyobo

Merupakan jenis kain yang memiliki ciri khas berupa tekstur lebih halus, lembut, bahan lebih jatuh, dan terlihat mengkilap. Tingkat ketebalan kain lumayan bagus sehingga kamu yang ingin membuat kaos tidak perlu cemas bakal menerawang, kok.

2.     Katun paris

Serat kain katun paris cukup kuat dan daya serap tinggi, tekstur halus dan lembut, mengkilap, dan tidak panas. Meskipun demikian, kain katun paris tidak begitu cocok dipakai untuk pakaian karena bahan yang cukup tipis. Namun, kamu yang ingin memakai blus luaran atau jilbab, bisa memilih jenis bahan ini.

3.     Katun supernova

Kamu juga harus tahu mengenai bahan katun supernova yang memiliki karakteristik bahan lebih dingin, lembut, halus, dan tekstur lebih ringan. Sangat cocok dijadikan bahan dasar pakaian formal atau gamis, bisa pula menjadi bahan hijab dengan tekstur permukaan kain yang menunjukkan serat halus.

4.     Katun oxford

Bukan salah satu nama universitas terkenal di Inggris, tapi nama kain katun yang memiliki tekstur rata dan rapi. Permukaan kain katun lebih rata dan halus saat disentuh tangan sebab dibuat dari penyilangan dua benang. Biasanya bahan kain katun ini dibuat untuk bahan seragam sekolah, seragam kerja atau seragam gamis ibu-ibu pengajian.

5.     Katun mesir

Ada pula nama kain katun mesir yang memiliki ciri berupa tekstur kain yang lebih lembut. Hal ini dikarenakan kain katun mesir dibuat dari kapas yang ditanam di tempat dengan iklim kering. Tentu harga katun mesir sangat mahal, kecuali kamu mendapatkan harga murah untuk produk imitasinya.

6.     Katun sutra

Merupakan jenis kain katun yang memiliki harga cukup mahal sebab terbuat dari kepompong ulat sutra. Proses yang rumit membuat hasil kain katun sutra memiliki keunggulan dari segi tekstur licin, lembut, adem, dan anti gerah dipakai kapan saja.

7.     Katun rayon

Produk pakaian dari katun rayon mudah kamu temukan di mana saja dengan harga bervariasi. Keunggulan dari kain katun rayon terdapat pada tekstur lebih lembut dan nyaman dipakai kapan saja. Meskipun demikian, katun rayon memiliki bahan yang lebih cepat kusut sehingga penampilan kamu menjadi kurang percaya diri.

Dari beberapa ulasan mengenai jenis kain katun di atas, pastikan kamu memilih jenis katun yang cocok dijadikan bahan kaos atau pakaian lain. Apalagi kamu berencana membuat gambar desain limited edition pada kaos tersebut, pastikan bahan mendukung proses print kain katun, ya! Dapatkan harga dan approval sample di Inoul Print sekarang juga atau mengunjungi laman resmi kami hanya di https://inouiprint.com/id/

Leave a Reply

Your email address will not be published.