Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Subordinating Conjunction

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Subordinating Conjunction

Subordinating conjunctions atau kata penghubung subordinatif adalah unsur tata bahasa yang memainkan peran kunci dalam membangun hubungan antara klausa utama dan klausa subordinatif dalam sebuah kalimat. Contoh subordinating conjunction pun banyak ditemukan dalam kalimat-kalimat bahasa Inggris.

Namun, penggunaannya membutuhkan perhatian yang baik untuk menghindari kesalahan dan membuat kalimat menjadi jelas dan padu. Dalam artikel ini, kita akan membahas hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan subordinating conjunctions.

Klarifikasi Makna dengan Tepat

Salah satu kesalahan umum dalam menggunakan subordinating conjunctions adalah tidak memahami dengan tepat makna kata tersebut. Misalnya, “although” dan “despite” memiliki makna yang hampir berlawanan. “Although” menyiratkan kontrast, sementara “despite” menunjukkan kontras antara dua ide. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang makna subordinating conjunctions penting untuk menyampaikan pesan dengan jelas.

Kesesuaian Tenses dalam Klausa

Subordinating conjunctions sering kali mengharuskan kesesuaian tenses antara klausa utama dan klausa subordinatif. Sebagai contoh, dalam kalimat “I will go to the store if it stops raining”, kata penghubung subordinatif “if” menuntut klausa subordinatif menggunakan bentuk simple present tense, sementara klausa utama menggunakan bentuk future tense. Kesalahan dalam penggunaan tenses dapat membuat kalimat terdengar tidak alami dan sulit dipahami.

Pengaturan Kata yang Tepat

Selain mengetahui pengertian conjunction, tidak kalah penting juga mengetahui pengaturan katanya. Pengaturan kata dalam kalimat yang menggunakan subordinating conjunctions harus memperhatikan urutan kata yang benar. Misalnya, dalam kalimat “Before she went to the party, she finished her homework” (Sebelum pergi ke pesta, dia menyelesaikan pekerjaan rumahnya), kata penghubung “before” menandai urutan waktu di antara dua peristiwa. Memahami urutan kata yang benar membantu pembaca atau pendengar mengikuti alur cerita dengan lancar.

Bicara soal bahasa Inggris memang tidak ada habisnya. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik menjadi gerbang untuk meraih banyak tujuan, termasuk meningkatkan jenjang karir. Bagi orang dewasa, mempelajari bahasa Inggris di usia yang matang mungkin bisa menjadi kendala. Misalnya saja dari segi metode dan keterbatasan waktu yang dimiliki.

Namun sekarang, tidak perlu gundah akan hal itu. EF Adults hadir sebagai solusinya. Sesuai namanya, EF Adults ini merupakan kursus bahasa Inggris yang diperuntukkan bagi usia dewasa. Apa saja kelebihan yang dimiliki? Sebagai penyedia kursus, EF telah berpengalaman selama lebih dari 50 tahun, tersedia berbagai produk online dan juga offline, fleksibilitas dalam memilih kelas, tenaga pengajar yang ahli bersertifikat.

Bukan hanya itu, metode pembelajaran terintegrasi yaitu blended learning method yang dimulai dari pembelajaran secara individual, kemudian mencoba yang telah dipelajari kemudian mengaplikasikan yang sudah dipelajari ke dunia nyata. Bukan waktunya menunggu lama lagi. Yuk segera daftar di EF Adults.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *