Fitur Terbaru WhatsApp, Picture in Picture dalam Tahap Uji Coba, Masukkan Fitur Control Bar

Fitur Terbaru WhatsApp, Picture in Picture dalam Tahap Uji Coba, Masukkan Fitur Control Bar

WhatsApp telah melakukan tahap uji coba untuk fitur terbaru aplikasi tukar pesannya, yaitu Picture in Picture (PiP). Dikutip dari laman , WhatsApp telah merilis beta terbaru yaitu 2.21.22.3. Pada update beta, terdapat fitur penyempurnaan yaitu tentang link sharing, khususnya video.

Fitur tersebut membuat Anda dapat membagi link dari YouTube, Facebook, atau Instagram kepada rekan lewat WhatsApp, dan Anda dapat menggunakan fitur picture in picture untuk menonton video. Picture in Picture pun memungkinkan Anda untuk bisa menonton video tersebut dalam bentuk sebuah jendela kecil atau floating window, serta letaknya dapat diatur. Fitur ini dapat digunakan untuk melakukan chat dengan rekan Anda.

WhatsApp pun melakukan pembaruan terkait desain dari fitur picture in picture dengan menambah adanya control bar yang baru. Control bar tersebut mengijinkan Anda untuk melakukan pause atau resume video serta membuka video dengan mode full screen atau menutup jendela. Sebelumnya, control bar tersebut hanya tersedia dari link yang dibagi dari aplikasi YouTube tetapi terlihat bahwa WhatsApp ingin memasukkannya ke lebih banyak jenis link dari aplikasi penyedia video.

Untuk diketahui bahwa fitur picture in picture saat ini dapat menggunakan link video dari YouTube, Instagram, Facebook, ShareChat, serta Streamable dan dapat berjalan dengan sangat baik. Pada gambar di atas, terdapat perbedaan yang cukup terlihat antara versi lama dengan baru, yaitu peletakan tombol "Close", "Pause", dan "Size". Terlihat pada versi sebelumnya, ketiga tombol tersebut terletak secara menyebar yaitu Close berada di kiri atas, Size di kanan atas dan Pause di tengah layar video yang dibuka.

Selain itu, semua tombol tersebut otomatis akan menghilang ketika video disetel untuk beberapa waktu sehingga ketika pengguna ingin melakukan tindakan dengan menekan salah satu tombol maka perlu mengetuk layar video dahulu dan ketiga tombol tersebut kembali muncul. Namun, untuk tampilan terbarunya, ketiga tombol tersebut terletak berjejeran dan akan selalu ada selama video dimainkan. Terkait perilisannya, WhatsApp belum memberikan keterangan waktu rilis karena perlu melakukan pembaruan tampilan dan masih dalam tahap beta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.