Denmark Jadi Tim Pertama yang Mampu Cetak Rekor Ini dalam Sejarah EURO

Denmark Jadi Tim Pertama yang Mampu Cetak Rekor Ini dalam Sejarah EURO

Setelah menderita dua kekalahan di dua laga awal fase grup, Denmark akhirnya memastikan diri lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Kepastian tersebut diperoleh Tim Dinamit usai mengalahkan Rusia di matchday terakhir Grup B dengan skor telak 4 1. Laga Denmark versus Rusia tersebut digelar di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark, Selasa (22/6/2021) dini hari WIB.

Bermain di depan publik sendiri, Denmark tampil dominan dengan mencatatkan 64 persen penguasaan bola. Selain itu, mereka juga unggul dari segi peluang dengan berhasil melepaskan 12 tembakan dengan 10 di antaranya tepat sasaran. Denmark membuka keunggulan pada menit ke 38 melalui sepakan kaki kanan winger berusia 20 tahun, Mikkel Damsgaard.

Terus menekan, Simon Kjaer dkk akhirnya mampu menggandakan keunggulan pada babak kedua, tepatnya di menit ke 59. Berawal dari kesalahan back pass Daler Kuzyaev, Yussuf Poulsen berhasil merebut bola dan mencetak gol. Rusia mampu memperkecil ketinggalan menjadi 1 2 pada menit ke 70 lewat sepakan penalti Artem Dzyuba.

Akan tetapi, Denmark akhirnya memastikan kemenangan setelah kembali mencetak dua gol dalam waktu empat menit. Gol Andreas Christensen di menit ke 79 dan Joakim Maehle tiga menit kemudian menutup kemenangan Denmark. Dengan hasil ini, Denmark secara luar biasa berhasil melaju ke babak 16 besar sebagai runner up grup B.

Denmark memiliki poin yang sama dengan Finlandia dan Rusia, tetapi berhak finis kedua berdasarkan rekor head to head . Keberhasilan Denmark dalam mengamankan tiket ke babak 16 besar ibarat lolos dari lubang jarum. Pasalnya, sebelum laga kontra Rusia, mereka berada di dasar klasemen setelah menderita dua kekalahan.

Pada dua laga perdana, Denmark dipaksa takluk 0 1 dari Finlandia dan menelan kekalahan 1 2 dari Belgia. Akan tetapi, skuad asuhan Kasper Hjulmand akhirnya mampu bangkit di tengah kondisi terjepit tersebut. Kelolosan Denmark ke fase gugur Euro 2020 juga sekaligus membuat Tim Dinamit menciptakan sejarah.

Denmark kini sah menjadi tim pertama dalam sejarah Euro yang mencapai fase gugur setelah kalah di dua laga awal fase grup. Pada babak 16 besar, Denmark akan menghadapi Wales yang lolos sebagai runner up Grup A. Laga antara Denmark melawan Wales bakal berlangsung di Stadion Amsterdam Arena, Sabtu (26/6/2021) malam WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published.