Ciri Ban Mobil Harus Diganti, Jangan Sampai Terlambat!

Ciri Ban Mobil Harus Diganti, Jangan Sampai Terlambat!

Untuk Anda yang sudah mendapatkan hasil perhitungan cicilan mobil impian dari simulasi kredit Xpander, alangkah baiknya Anda juga mulai mencicil pengetahuan penting mengenai mobil. Salah satunya adalah mengenai ciri ban mobil harus diganti. Pasalnya, mengetahui kondisi ban adalah bekal penting yang sangat berguna untuk perawatan mobil yang nantinya Anda miliki.

Lantas apa ciri-ciri ban mobil yang perlu segera diganti? Berikut adalah jawabannya.

  1. Ban Sudah Tipis

Ciri pertama ban mobil yang harus diganti adalah tingkat ketebalan kembang ban. Pasalnya, ban yang sudah gundul akan lebih sulit dikendalikan ketika Anda berkendara dengan kecepatan tinggi; terlebih di jalanan yang licin karena hujan. Untuk itu, segeralah ganti ban mobil Anda jika kembang bannya sudah menipis.

  1. Perhatikan Indikator TWI Ban Mobil

Setiap ban mobil memiliki Tread Wear Indicator (TWI), yang posisinya berada di batas terbawah kembangan juga di tonjolan karet pada sela kembangan berbentuk simbol segitiga. Kalau simbol itu sudah tergerus aspal, maka sudah waktunya untuk mengganti ban mobil Anda.

  1. Muncul Retakan

Pertambahan usia dan pemakaian mobil dengan intensitas tinggi bisa membuat kembangan ban mobil Anda mengalami keretakan. Jika sudah begini, tentu Anda mesti lekas mengganti ban mobil Anda agar ban tidak berakhir meletus di waktu yang tidak Anda bayangkan.

  1. Muncul Benjolan

Tanda lain dari ban mobil yang harus diganti adalah “kehamilan” atau munculnya benjolan di sisi bagian luar ban mobil. Hal ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal, seperti penurunan kekuatan ban seiring berjalannya waktu, pengisian angin ban yang terlalu berlebihan, atau seringnya ban menghantam jalanan yang berlubang. Maka, gantilah ban mobil dengan yang baru jika kondisinya begini.

Itulah dia ciri ban mobil yang harus diganti. Semoga informasi dalam artikel ini membantu Anda yang sedang mencicil ilmu tentang mobil, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.